Senin, 22 Maret 2010

Tugas Bhs. Indonesia (softskill) : Data Perbandingan Kinerja Pasar dan Inflasi

Nama : Annisa Nur Amalia Sagita
Npm : 21208499
Kelas : 2EB01


Perbandingan Kinerja Pasar dan Inflasi

Perekonomian yang stabil merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah saat ini. Kestabilan perekonomian tersebut penting, karena kondisi perekonomian yang stabil akan menciptakan suasana yang kondusif dalam perkembangan dunia usaha dan bisnis. Salah satu parameter yang dapat mengukur kestabilan perekonomian yaitu dengan melihat kinerja dari stabilitas makroekonomi.
Perkembangan perekonomian suatu negara dapat dikatakan meningkat atau menurun berdasarkan beberapa indikator dasar makroekonominya. Salah satu indicator tersebut adalah inflasi. Inflasi adalah fenomena kenaikan harga-harga pada sebuah lingkup ekonomi. Inflasi dihitung secara statistik dengan mengambil sampel harga-harga di pasaran. Karena itu bisa saja perhitungan inflasi dari dua buah pihak berbeda antara satu dan yang lainnya. Perbedaan ini disebabkan oleh faktor perbedaan cara pengambilan data, metodologi yang berbeda, fokus penghitungan, serta waktu pengambilan sampel yang berbeda.
Berikut data perbandingan kinerja pasar dan inflasi tahun 1998 - 2007




Dari data perbandingan kinerja pasar dan inflasi di atas, dapat diketahui bahwa tingkat inflasi meningkat tajam pada tahun 1998 yang disebabkan terjadinya krisis ekonomi di Indonesia. Berbeda pada tahun 1999 dimana tingkat inflasi menurun tajam yang disebabkan karena adamya kebijakan dari Bank Sentral.
Sumber : www.google.com
www.bi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Buat teman - teman yang merasa belum puas dengan apa yang Nas tulis, silahkan kasih kritik N saran yaKk...
: )